Cerita Sejarah

Sumber : Tempat-tempat bersejarah di Jakarta
( History Side of Jakarta )  by; A. Heuken. SJ

PERSELISIHAN JAYAWIKARTA DAN BELANDA

SETELAH MEMPEROLEH SEBIDANG TANAH YG DIINGINKAN , ORANG BELANDA MEMBANGUN GUDANG DAN MEMBUKA KEBUN SAYUR . WAKTU P. JAYAWIKARTA MENCARI TAHU , MEREKA BILANG BEGITULAH CARA HIDUP MEREKA . SEBAB , ORANG BELANDA TIDAK BIASA HIDUP DAN MAKAN SEPERTI ORANG JAWA . PANGERAN MENGERTI ALASAN ITU DAN MENGIJINKAN MEREKA TERUS BEKERJA . AKAN TETAPI TAK LAMA SESUDAH BEBERAPA BANGUNAN LAGI DISELESAIKAN DENGAN BANTUAN TENAGA DIDATANGKAN DENGAN KAPAL , MEREKA MEMBENTENGI GEDUNG ITU . DARAH PANGERAN TERSIRAP DAN MENANYAKAN ALASAN MEREKA . MEREKA PERLU PENGAMANAN BARANG DAGANGAN MEREKA TERHADAP PARA PENCURI . BEGITU KUBU SELESAI DIBANGUN , MEREKA MENEMPATKAN MERIAM DIDALAMNYA , PANGERAN MENANYAKAN LAGI MAKSUD MEREKA SEBENARNYA DAN HANYA DIJAWAB “ UNTUK MELINDUNGI DARI ORANG JAHAT “ .
TAK LAMA BERSELANG JUMLAH ORANG BELANDA SEMAKIN BANYAK . MEREKA MENEMBAKAN MERIAM DAN PELURUNYA JATUH DIDEPAN ISTANA PANGERAN . KETIKA IA MINTA KETERANGAN TENTANG MAKSUD MEREKA , MEREKA MENJAWAB BAHWA HANYA MENCOBA JATUHNYA TEMBAKAN MERIAM , SUPAYA DAPAT MEMBANTU , APABILA PANGERAN DISERANG MUSUH . TAPI PANGERAN TDK PUAS AKAN KETERANGAN MEREKA . ATAS HINAAN TERSEBUT PANGERAN MENUNTUT DENDA 2000 DOLLAR , YG SEGERA DIBAYAR . BELUM LAMA BERSELANG, LAGI – LAGI ORANG BELANDA MENEMBAKAN MERIAM DAN PELURUNYA MELINTAS ISTANA PANGERAN . PANGERAN NAIK PITAM DAN MENUNTUT MEREKA DENDA 4000 DOLAR . IA MENGANCAM , JIKA TDK SEGERA DIBAYAR IA AKAN MELAPOR PADA SULTAN MATARAM  YG AKAN MEMERINTAHKAN LANGSUNG MENINGGALKAN PULAU INI . ATAS ANCAMAN ITU ORANG BELANDA DIAM SAJA , NAMUN MEMBAYAR DENDA ITU JUGA , YG DITERIMA PANGERAN DENGAN SENANG HATI .
AKHIRNYA ORANG BELANDA MENEMBAKAN MERIAM LAGI  DAN KALI INI PELURUNYA JATUH DIDALAM ISTANA  . PANGERAN MENANGKAP TEMBAKAN ITU SEBAGAI  ISYARAT PENYERANGAN , MAKA MENGANGGAP ORANG BELANDA SEBAGAI MUSUH . IA SEGERA MENGERAHKAN ORANG2NYA UNTUK MENYERANG DAN MENGHANCURKAN MEREKA SAAT ITU JUGA . DEMI MENYAKSIKAN DIKEPUNG BANYAK ORANG , ORANG BELANDA MEMUNTAHKAN TEMBAKAN DARI KUBU DAN MENGGUGURKAN BANYAK PENGEPUNG , PANGERAN DAN ORANG2NYA TERPAKSA TINGGAL DILUAR JANGKAUAN JARAK TEMBAK .

Dibawah ini disajikan berita seorang yg ikut serta dalam pembunuhan dan perampokan :
Para kelasi kapal mulai membongkar pintu rumah , lalu membunuh semua penghuni Tionghoa yg ditemukan dan merampas seluruh milik mereka . anak dan wanita mula-mula belum diapa-apakan dan tidak dibunuh . pada jam 9 gubernur jendral menyuruh semua tukang supaya masuk kota dan memukul mati saja semua orang Tionghoa . Perintah ini diterima baik dan supaya bisa merampas banyak harta . Semua meninggalkan tempat kerja dengan cepat2 . lalu mulailah pembantaian . Tukang kayu membawa kapak untuk merusak pintu dan jendela . Orang yg memiliki senjata  masuk rumah untuk menembak penghuni Tionghoa . saya ikut juga .
Karena saya mengetahui , bahwa tetangga saya memiliki seekor babi gemuk , saya ingin mengambilnya dan menggiringnya ke rumahku . Waktu kepala tukang kayu melihat hal itu , ia memukul saya dan menyuruh membunuh pemiliknya Tionghoa dulu , baru merampas babinya . Karena tdk mempunyai senapan , saya mengambil penumbuk padi sebesar  lengan dan memukul tetangga saya , yg sering makan bersama saya , sampai mampus . Walaupun saya tdk suka hal itu , saya terpaksa berbuat demikian , karena kepala tukang terus mengawasi saya berdiri dipintu .Setelah membunuh orang itu saya masuk kamar dan menemukan sebuah pistol dengan banyak peluru . Saya mengambilnya , pergi keluar dan membunuh siapapun juga .
Setelah membunuh dua, tiga orang , saya sudah bisa menyembelih orang , sehingga tidak merasa berbeda membunuh seorang Tionghoa atau seekor anjing . Siang hari jam 1 kota mulai terbakar karena ulah orang Tionghoa . Sebab mereka hendak membakar diri daripada jatuh ketangan kami …….seringkali sampai 5 orang menggantung diri pada balok2 rumah mereka ……kaum Tionghoa di Batavia yang mengurus rumah sakit . Kami disuruh membunuh semua pasien , selain 2 orang buta . Di balai kota terdapat 200 tawanan , yg ditusuk mati semua agar menghemat peluru . pada tanggal 13 pembantaian berhenti dan tiada seorang Tionghoa lagi dikota . Semua jalan dan lorong penuh mayat , sungai-sungai ditimbuni mayat sehingga orang dapat menyebrang diatas mayat-mayat tanpa kakinya menjadi basah .  1740.

SI JAGUR

TERDAPAT CERITA LAMA : SI JAGUR . KONON RAJA PAJAJARAN BERMIMPI BURUK . IA MENDENGAR SUARA GEMURUH DARI SEBUAH SENJATA YG KELIHATAN DAHSYAT DAN BELUM DIKETAHUI OLEH TENTARANYA .MAKA IA MEMERINTAH PATIHNYA KYAI SETOMO UNTUK MENCARI SENJATA SERUPA ITU . RAJA MENGANCAM SI PATIH DENGAN HUKUMAN MATI BILA IA TDK BERHASIL MEWUJUDKAN SENJATA AJAIB YG IA LIHAT DALAM MIMPI . SIPATIH PULANG DGN SEDIH . IA MEMBICARAKAN TUGAS & ANCAMAN NASIBNYA DGN ISTRINYA . LALU MEREKA MENUTUP RUMAH , SPY DPT BERSEMEDI . SESUDAH BEBERAPA LAMA DINANTIKAN DGN SIA-SIA MAKA RAJA MARAH . IA MENYURUH TENTARANYA MENGGELEDAH RUMAHNYA , TAPI MALAH DI TEMUKAN DUA BUAH PIPA BAJA YG ANEH DAN BESAR TERGELETAK DIRUMAHNYA . RAJA MELIHAT SENDIRI KE DUA BENDA  ANEH DAN SEGERA MENGAKUINYA SBG SENJATA YG IA DENGAR GEMURUHNYA DLM MIMPI .
APA YG TERJADI ?
Kyai setomo dan nyai setomi bersemedi sampai berubah jadi MERIAM .TAK LAMA SESUDAH KEJADIAN ITU SULTAN AGUNG MENDENGAR PERISTIWA ITU . IA SEGERA MEMERINTAH RAJA SUNDA AGAR KE DUA MERIAM DIBAWA KE KRATON SOLO . TAPI MERIAM JANTAN MENOLAK UNTUK PINDAH KE SOLO DAN MELARIKAN DIRI DGN KEKUATAN AJAIBNYA KE BATAVIA . KARENA HARI SUDAH MALAM IA TDK DAPAT MASUK BENTENG YG TERTUTUP RAPAT . JADI IA TINGGAL DIDEPAN GERBANG SAJA .PAGI BERIKUTNYA ORANG BATAVIA SANGAT HERAN DAN MERIAM ITU DIPANDANG KERAMAT . MEREKA MEMBAWA SESAJEN DAN MEMASANG PAYUNG UNTUK MELINDUNGI DARI TERIK MATAHARI , MEREKA MENYEBUTNYA : “ KYAI JAGUR “ ATAU TUAN KESUBURAN . ISTRINYA NYAI SETOMI SAMPAI SAAT INI MASIH TINGGAL SENDIRIAN DI SOLO . KADANG PADA MALAM GEREBEG MAULUD TERDENGAR SUARA TANGISAN HALUS DAN ORANG SOLO MENGUMPULKAN TETES AIRNYA DALAM CANGKIR . KATANYA : PADA SUATU HARI NANTI BILA KYAI SETOMO DAN NYAI SETOMI BERSATU LAGI – KONON KEMAKMURAN DAN KEADILAN AKAN DINIKMATI SELURUH RAKYAT KECIL …………. SEMOGA !
DIHALAMAN DARPARAGI ( BANTEN LAMA ) TERDAPAT MERIAM KI AMUK YG KERAMAT JUGA DAN DIANGGAP PASANGAN SI JAGUR . KALAU KEDUA MERIAM ITU SUATU HARI DAPAT BERTEMU LAGI – KONON DUNIA AKAN KIAMAT ………. CELAKA !

PIDATO SINGKAT SUKARNO MENJELANG DIBACAKAN  PROKLAMASI

“……telah beratus-ratus tahun ……usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti …..sekarang tiba saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan tanah air kita dalam tangan sendiri ……kami tadi malam telah mengadakan musyawarah dengan para pemuka rakyat dari seluruh Indonesia . Permusyawaratan itu seia sekata berpendapat bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan sekarang juga . Dengarkanlah Proklamasi kami “.
PROKLAMASI
Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia .
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain , diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya .

Jakarta , hari 17 boelan 08 tahoen ‘ 05
Atas nama Bangsa Indonesia
Sukarno / Hatta
Demikian saudara-saudara , kita sekarang telah merdeka….
Mulai saat ini kita menyusun Negara kita ! Negara Merdeka , Negara Republik Indonesia Merdeka , kekal dan abadi . Insya Allah , Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu “ .

SURAT KARTINI
SALINAN HAL. 77

SAMPAI AKU MENARIK NAFAS YG PENGHABISAN , AKU AKAN TETAP BERTERIMA KASIH KEPADA BAPAK DAN MENGUCAP SYUKUR , AKAN PENDIDIKAN BAPAK YG DIBERIKAN BAPAK KEPADAKU . SEORANG BUTA YANG DIPERBUAT MELIHAT, SEKALI-KALI TIADA AKAN MENYESAL , MATANYA DIBUKAKAN ORANG KARENA BUKAN BARANG YG INDAH-INDAH SAJA YG MENJADI TERLIHAT OLEHNYA . MAKA KUHARAP DENGAN SANGAT , AKAN DEMIKIANLAH SELAMANYA PIKIRANMU .

JEPARA , 4 – 7 – 1900
KARTINI

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: